Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Top 4 Perusahaan Dealer Alat Berat di Indonesia

gambar rental alat berat konstruksi
Alat berat konstruksi/freepik.com
" Kebutuhan akan alat berat atau sering disebut dengan peralatan mekanis adalah hal yang sangat utama dibutuhkan di dalam mengerjakan pekerjaan yang sangat membutuhkan tenaga dan skala yang sangat besar "

Seperti proyek konstruksi bangunan bertingkat, konstruksi jalan raya dan jalan tol, jembatan dan pada proyek pertambangan dan perkebunan.

Seperti artikel saya sebelumnya dapat di baca di link ini Alat Berat yang Digunakan di Industri Pertambangan Ada Truk Kapasitas Angkut 200 Ton Salah satu alat berat yang wajib dibutuhkan seperti Excavator (Back Hoe), Grader, Loader, Bulldozer, Dregline dan sebagainya.

Meningkatnya Permintaan Alat Berat 

Untuk memenuhi permintaan akan alat berat dan suku cadang yang semakin besar, maka dibutuhkan dealer atau distributor alat berat resmi yang mampu memenuhi permintaan pasar.

Permintaan penyediaan alat berat yang meningkat, akibat dari meningkatnya juga pembangunan infrastruktur, terutama pembangunan infrastruktur fasilitas umum, seperti jalan tol.

Sejak dahulu, sudah berdiri beberapa dealer alat berat, terutama di Indonesia, ditambah lagi dealer - dealer alat berat yang hadir, terutama dari produsen alat berat dari China, untuk menyemarakkan persaingan pasar alat berat khususnya di Indonesia.

Profil Dealer/Distributor Alat Berat

Siapakah pemasok atau distributor alat berat di Indonesia saat ini yang memiliki reputasi baik, paling laris, memiliki kantor cabang yang tersebar luas dan cukup dikenal oleh kalangan pengusaha yang menggunakan alat berat?.

#1 TRAKINDO UTAMA

Trakindo Utama merupakan dealer alat berat yang berdiri pada tahun 1970 dan berkantor pusat di Jakarta di bawah naungan induk perusahaan TMT (Tiara Marga Trakindo) yang menaungi beberapa group perusahaan seperti pertambangan, layanan keuangan, energi dan banyak lagi.


gambar alat mekanis back hoe/excavator caterpillar
Alat Berat Excavator 313D2 (source: trakindo.co.id)
Perusahaan ini merupakan salah satu dealer alat berat yang memasarkan alat berat dengan merek utama CATERPILLAR yang berasal dari Amerika Serikat. Berdasarkan situs resmi Trakindo Utama, perusahaan ini memiliki 66 kantor cabang dan perwakilan yang tersebar di seluruh kota di Indonesia.

Kantor cabang dan perwakilan ini, siap memasok peralatan dan suku cadang alat berat yang dibutuhkan untuk berbagai proyek. 

Trakindo Utama memiliki anak perusahaan yang bergerak dalam bidang kontraktor pertambangan yang khusus menggunakan alat berat Caterpillar yaitu PT Cipta Kridatama.


#2 UNITED TRACTORS

United Tractors adalah dealer alat berat yang berdiri pada tahun 1989 yang berkantor pusat di Jakarta. Perusahaan alat berat ini, berada dibawah naungan induk salah satu perusahaan terbesar di Indonesia saat ini, yaitu Astra International.
gambar alat mekanis/excavator komatsu
Alat Berat Excavator PC 210 (source: komatsu.com)
United Tractors merupakan salah satu perusahaan yang memasarkan alat berat di Indonesia dengan merek KOMATSU yang berasal dari Jepang. United Tractors memilik 19 kantor cabang dan perwakilan yang tersebar di seluruh Indonesia.

United Tractors juga memiliki kontraktor yang bermain di segmen pertambangan yaitu PT Pama Persada Nusantara (PAMA) dan memiliki 95% saham di tambang Emas Martabe, PT Agincourt Resources di Batangtoru, Sumatera Utara.

#3 HEXINDO ADIPERKASA

Hexindo Adiperkasa, merupakan salah satu dealer alat berat yang berdiri pada tahun 1988 di Jakarta. Dikenal dengan memasarkan alat berat dengan merek HITACHI yang berasal dari Jepang.
gambar excavator hitachi
Alat Berat Excavator EX800 (source: hexindo-tbk.co.id)

Hexindo Adiperkasa memiliki 52 kantor cabang dan perwakilan yang tersebar luas di seluruh Indonesia. Perusahaan ini menyediakan produk alat berat untuk segmen pertambangan, konstruksi, perkebunan dan kehutanan.

#4 INDOTRUCK UTAMA

Indotruck Utama meruapakan distributor alat berat yang berdiri pada tahun 1988 yang berkantor pusat di Jakarta. Perusahaan ini berada di bawah naungan induk perusahaan Indomobil Group.


gambar excavator/backhoe volvo
Alat Berat Excavator EC210D (source: indotruck-utama.co.id)

Pada tahun 2020 ditunjuk sebagai dealer tunggal alat berat dengan merek VOLVO yang berasal dari Swedia. Sebelumnya, dealer alat berat resmi merek Volvo dimiliki dan dipasarkan oleh PT Intraco Penta.

Saat ini, Indotruck Utama memiliki kantor cabang dan kantor perwakilan di seluruh Indonesia sebanyak 25 kantor cabang.

Sekian ulasan singkat "Top 4 Perusahaan Dealer Alat Berat di Indonesia" yang cukup dikenal di Indonesia saat ini. Semoga Bermanfaat.


Dp.


#alatberat #delaer 

3 comments for "Top 4 Perusahaan Dealer Alat Berat di Indonesia"

  1. Daftar 4 Perusahaan Alat Berat di Indonesia yang sangat berguna

    ReplyDelete
  2. PT.KIEN ATHAYA INDONESIA
    International Freight Forwading


    Dear Import Dept,

    Perkenalkan Kami Dari PT. KIEN ATHAYA INDONESIA, merupakan perusahaan International Freight Forwarders, Customs Clearance, Customs Consultant And Land Transportation Service yang berdomisili di Jakarta Indonesia. Kami siap membantu Bapak / Ibu untuk menangani setiap aspek kebutuhan yang berhubungan dengan proses kepabeanan Import.

    Services dari perusahaan kami antara lain :
    - Jasa Customs Clearance Import Via Udara
    - Jasa Customs Clearance Import Via Laut [LCL / FCL 20feet / 40feet dll]
    - Undername Import & Export
    - Borongan [[All-In]] via Laut dan Udara]
    - Pengurusan Import Door to Door
    - Borongan Mesin Bekas [[All-In]]
    - Agensi: Asia, Eropa, Amerika, Afrika dan Australia

    Untuk melengkapi proses kepabeanan, kami memiliki beberapa ijin yang diperlukan, Antara lain :
    - PI BESI BAJA
    - PI KEHUTANAN
    - IZIN IMPORT MASKER
    - BORONGAN TEKSTIL
    - LS ELEKTRONIK
    - LS PAKAIAN JADI

    Kami juga menerima proses Dokumen atau barang yang ketahan baik di Airport maupun Tanjung Priok, yang ketahan dikarenakan tidak lengkapnya Dokumen Import & Dokumen pendukung lainnya seperti [ SNI,LS,B-POM,API & NIK ].
    Demikian Perkenalan dari kami,atas pertimbangan dan perhatiannya kami mengucapkan terima kasih.



    Muhammad
    Jadikan gambar sebaris
    MARKETING IMPOR
    PT. KIEN ATHAYA INDONESIA
    Grand Galaxy City Ruko Sentral Komersial, Blok RSK 2 No.56,
    Bekasi Selatan, Kota Bekasi 17147
    P : (021) 8275 0015
    M : 0822-4634-3056

    ReplyDelete
  3. Alat berat yang sering dilihat di daerah konstruksi

    ReplyDelete