Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Top 4 Perusahaan Dealer Alat Berat di Indonesia


freeepik.com
Kebutuhan akan alat berat (alat mekanis) adalah hal yang sangat utama di dalam mengerjakan pekerjaan yang sangat membutuhkan tenaga dan skala yang sangat besar.

Seperti artikel saya sebelumnya dapat di baca di link ini https://www.konstruksibesar.com/2021/04/alat-alat-mekanis-dan-fungsinya.html. Salah satu alat berat yang wajib dibutuhkan seperti Excavator (Back Hoe), Grader, Loader.


Untuk memenuhi permintaan akan alat berat dan suku cadang yang semakin besar dibutuhkan dealer atau distributor alat berat yang mampu memenuhi permintaan pasar.

Sejak dahulu sudah berdiri beberapa dealer alat berat ditambah lagi dealer - dealer yang bertambah terutama dari produsen alat berat dari China, untuk menyemarakkan persaingan pasar alat berat khususnya di Indonesia.

Siapakah pemasok atau distributor alat berat di Indonesia saat ini yang memiliki reputasi baik, paling laris, memiliki kantor cabang yang tersebar luas dan cukup dikenal oleh kalangan pengusaha yang menggunakan alat berat?.

#1 TRAKINDO UTAMA

Trakindo Utama merupakan dealer yang berdiri pada tahun 1970 dan berkantor pusat di jakarta di bawah naungan induk perusahaan TMT (Tiara Marga Trakindo) yang menaungi beberapa group perusahaan seperti pertambangan, layanan keuangan, Energi dan banyak lagi.


Excavator 313D2 (source: trakindo.co.id)
Perusahaan ini merupakan salah satu dealer yang memasarkan alat berat dengan merek CATERPILLAR yang berasal dari Amerika Serikat. Berdasarkan situs resmi Trakindo Utama, perusahaan ini memiliki 66 kantor cabang dan perwakilan yang tersebar di seluruh kota di Indonesia.

Trakindo Utama memiliki kontraktor di bidang pertambangan yang khusus menggunakan alat berat Caterpillar yaitu Cipta Kridatama.

#2 UNITED TRACTORS

United Tractors berdiri pada tahun 1989 yang berkantor pusat di jakarta. Perusahaan ini dibawah naungan induk salah satu perusahaan terbesar di Indonesia saat ini yaitu Astra International.
Excavator PC 210 (source: komatsu.com)
United Tractors merupakan salah satu perusahaan yang memasarkan alat berat di Indonesia dengan merek KOMATSU yang berasal dari Jepang. Memilik 19 kantor cabang dan perwakilan yang tersebar di seluruh Indonesia.

United Tractors juga memiliki kontraktor yang bermain di segmen pertambangan yaitu Pama Persada Nusantara dan memiliki 95% saham di tambang Emas Martabe Agincourt di Batangtoru Sumatera Utara.

#3 HEXINDO ADIPERKASA

Hexindo merupakan salah satu deler yang berdiri pada tahun 1988 yang dikenal dengan memasarkan alat berat dengan merek HITACHI yang berkantor pusat di Jepang.
Excavator EX800 (source: hexindo-tbk.co.id)

Hexindo Adiperkasa memiliki 52 kantor cabang dan perwakilan yang tersebar luas di seluruh Indonesia. Perusahaan ini menyediakan produk alat berat untuk segmen pertambangan, konstruksi, perkebunan dan kehutanan.

#4 INDOTRUCK UTAMA

Indotruck Utama berdiri pada tahun 1988 yang berkantor pusat di Jakarta. Perusahaan ini berada di bawah naungan induk perusahaan Indomobil Group.


Excavator EC210D (source: indotruck-utama.co.id)

Pada tahun 2020 ditunjuk sebagai dealer tunggal alat berat dengan merek Volvo yang berkantor pusat di Swedia. Sebelumnya merek Volvo dimiliki dan dipasarkan oleh Intraco Penta.

Saat ini Indotruck Utama memiliki kantor cabang dan kantor perwakilan di seluruh Indonesia sebanyak 25 kantor cabang.

Sekian ulasan singkat dealer atau distributor alat berat yang memiliki reputasi besar dan cukup dikenal di Indonesia saat ini. Semoga Bermanfaat.

Dp,


Post a Comment for "Top 4 Perusahaan Dealer Alat Berat di Indonesia"