Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tambang Emas Paling Besar Di Dunia Berdasarkan Jumlah Produksi Emas Tahun 2020

gambar aktivitas tambang terbuka jenis open pit
| Aktivitas Pertambangan Open Pit Nevada Gold Mine (Sumber:elkodaily)
" Dari masa ke masa, logam emas (Au), masih berada di urutan teratas, daftar logam yang paling dicari dan ditambang di seluruh bagian dunia ini "

Salah satu alasan kenapa bahan tambang ini masuk daftar teratas, disebabkan logam emas merupakan logam yang paling ingin dimiliki oleh seluruh manusia di dunia ini. Selain itu emas mempunyai nilai harga yang sangat stabil bahkan cenderung naik dari tahun ke tahun.

Seperti diketahui, emas terdapat pada kerak bumi kita dan ditemukan tersebar di hampir seluruh bagian setiap negara. World Gold Council mengurutkan 10 tambang emas terbesar di dunia, daftar ini dibuat berdasarkan jumlah produksi emas yang ditambang per September 2020 dalam satuan ton.

Top 10 Perusahaan Pertambangan Emas Terbesar di Dunia

1. Nevada Gold Mine

Urutan ke-1 ditempati oleh Nevada Gold Mines (Tambang Emas Nevada) lokasi tambang ini berada di Nevada, Amerika Serikat. Barrick Gold Corporation dan Newmont Mining Corp adalah pemilik dari tambang emas ini, namun operator yang mengelola tambang diberikan kepada Barrick Gold Corpration. Pada tahun 2020 per September tambang ini telah menghasilkan 115.8 ton emas.  

2. Muruntau Gold Mine

Tambang emas, Muruntau menghasilkan emas sebesar 66.0 ton dan menempati posisi ke-2 di daftar ini. Tambang emas Muruntau terletak di negara Uzbekistan, merupakan salah satu tambang emas terbuka jenis open pit terbesar di dunia. Diameter dari lubang bukaannya mencapai 3.5 km dan kedalamannya mencapai 600 m, diprediksi akan mencapai kedalaman 1000 m. Tambang ini dimiliki oleh Navoi Mining & Metallurgy Combinant (NGMK). 

3. Tambang Emas Olimpiada

Tambang emas Olimpiada yang berlokasi di Rusia menempati posisi ke-3 dengan jumlah produksi emas mencapai 43.2 ton. Tambang ini merupakan tambang emas terbesar di Rusia dan di dunia. Lokasi tambang ini dioperasikan oleh perusahaan produsen emas terbesar di Rusia dan keempat dunia yaitu PJSC Polyus. 

gambar tambang emas tipe open pit di negara rusia
| Tambang Emas Olimpiada, Rusia (sumber:.mining-technology)

4. Tambang Emas Pueblo Viejo

Diurutan ke-4 di tempati oleh tambang emas Pueblo Viejo yang berada di negara Republik Dominika dengan produksi emas mencapai 30.6 ton. Tambang ini dikelola oleh dua produsen emas terbesar di dunia yaitu Barrick Gold Corporation dan Goldcorp. Hasil joint venture kedua perusahaan ini menamai tambang emas ini dengan Pueblo Viejo Dominicana Corporation (PVDC). Tambang ini mulai memproduksi emas pada tahun 2012 dan diperkirakan umur tambang hingga 30 tahun.

5. Tambang Emas Lihir 

Tambang emas Lihir yang berada di Pulau Lihir, Papua Nugini menempati posisi ke-5 dalam daftar ini. Tambang ini dioperasikan oleh salah satu produsen emas terbesar di dunia yang berasal dari Australia yaitu Newcrest Mining Limited. Pada September 2020 tambang ini telah menghasilkan 27.4 ton emas, diperkiran tambang ini mengandung cadangan emas sebesar 320 metrik ton.

6. Tambang Emas Cadia Valley

Posisi ke-6 diisi oleh tambang Cadia Valley yang terletak di New South Wales, Australia dengan total produksi emas sampai September 2020 mencapai 27.1 ton. 

7. Tambang Emas Grasberg

Sedangkan tambang emas Grasberg yang berada di Papua yang dimiliki oleh Indonesia dan dioperasikan oleh PT Freeport Indonesia berada pada posisi ke-7 dengan produksi logam emas mencapai 26.8 ton.

gambar Haul Dump (HD) berada di tambang terbuka
| Tambang Emas Cadia Valley (sumber:mining-technology)

8. Tambang Emas Kibali
Tambang emas Kibali di  Republik Demokratik Kongo menempati posisi ke-8 dengan produksi emas 25.3 ton. 

9. Tambang Emas Loulo Gounkoo
Sedangkan posisi ke-9 oleh Tambang emas Loulo Gounkoo di Mali, Afrika dengan produksi emas 22.2 ton.

10. Tambang Emas Boddington
Tambang emas Boddington di Australia Barat, Australia, dengan produksi 21.9 ton emas di urutan ke-10.

Penutup

Dari data - data diatas, belum banyak perubahan posisi dari negara - negara dan perusahaan penghasil emas ditahun sebelumnya. Tahun - tahun sebelumnya negara yang selalu mengisi posisi paling atas masih didominasi oleh negara Amerika Serikat dan Rusia.

Sedang perusahaan pertambangan yang selalu berada di posisi paling atas selalu didominasi oleh Barrick Gold Corporation, Newmount Mining dari Amerika Serikat dan Newcrest Mining Limited dari Australia dan PJSC Polyus dari Rusia.

Artikel ini dibuat berdasarkan opini pribadi dan data dari berbagai sumber. Mohon dikoreksi jika ada kesalahan penulisan di dalam artikel ini. Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar, untuk menyempurnakan artikel ini.

Demikian ulasan singkat tentang " Tambang Emas Paling Besar Di Dunia Berdasarkan Jumlah Produksi Emas Tahun 2020 " yang bersumber dari World Gold Council. Semoga Bermanfaat.

Dp.

#emas #tambang #terbesar

Print Friendly and PDF

Post a Comment for "Tambang Emas Paling Besar Di Dunia Berdasarkan Jumlah Produksi Emas Tahun 2020"