Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3)

Gambar Ilustrasi Limbah
Disaat dan era sekarang ini dimana perkembangan industri yang semakin pesat juga diiringi oleh dengan jumlah limbah yang semakin besar yang dihasilkan dari proses industri tersebut. Salah satu limbah yang dihasilkan yaitu limbah B3.

Limbah bahan berbahaya dan beracun atau sering disingkat dengan limbah B3 adalah salah satu jenis limbah yang keberadaannya semakin mengkhawatirkan dan mengancam ke berlangsungan kehidupan. Limbah B3 secara umum dapat mengakibatkan pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup dan menimbulkan penyakit yang berbahaya bagi manusia dan mahluk hidup .

Limbah B3 didefinisikan dan diatur oleh pemerintah yang seperti dijelaskan seperti berikut :

Pengertian limbah B3 berdasarkanUURI No.23 tahun.1997 Ps.1 Bt.17 dan PP No.18 jo PP 85 th.1999.

Limbah B3 adalah limbah yang mengandung B3 karena sifatnya (Hg), konsentrasinya (Cu) dan jumlahnya, baik secara langsung dan tidak langsung dapat mencemari, merusak, membahayakan lingkungan hidup, kesehatan dan kelangsungan hidup manusia atau mahkluk hidup lain.

Pengertian limbah B3 berdasarkan PP.18/1999 jo PP.85/1999.

Limbah B3 adalah sisa suatu usaha dan atau kegiatan yang mengandung bahan berbahaya dan atau beracun yang karena sifat dan konsentrasinya dan atau jumlahnya, baik secara langsung maupun tidak langsung dapat mencemarkan dan atau merusakkan lingkungan hidup dan atau dapat membahayakan lingkungan hidup, kesehatan, kelangsungan manusia serta mahkluk hidup lain.

Pengertian limbah B3 berdasarkan PPRI 74/2001.

Bahan berbahaya dan beracun (B3) adalah bahan yang karena sifat dan atau konsentrasinya dan atau jumlahnya, baik secara langsung maupun tidak langsung dapat mencemarkan dan atau merusak lingkungan hidup dan atau dapat membahayakan lingkungan hidup, kesehatan, kelangsungan hidup manusia serta mahkluk hidup lain.

Jenis - jenis, karakteristik dan pengenalan dari limbah B3 sudah diatur dan di klasifikasikan berdasarkan PPRI 74/2001 yaitu sebagai berikut :
1. Mudah meledak (Explosive)
2. Pengoksidasi (Oxidizing)
3. Sangat mudah sekali menyala (Extremely Flammable)
4. Sangat mudah menyala (Highly Flammable)
5. Mudah menyala (Flammable)
6. Amat sangat beracun (Extremely Toxic)
7. Sangat beracun (Highly Toxic)
8. Beracun (Modeately Toxic)
9. Berbahaya (Harmful)
10. Korosif (Corrosive)
11. Bersifat iritan (Irritant)
12. Berbahaya bagi lingkungan (Dengerous to the Environtment)
13. Karsinogenik (Carcinogenic)
14. Teratogenik (Teratogenic)
15. Mutagenik (Mutagenic)

Penanganan dan pengolahan dari limbah B3

Penanganan dan pengolahan dari limbah B3 sudah diatur oleh pemerintah yang meliputi penyimpanan sementara, pengangkutan, pembungan limbah ketempat yang telah disediakan sampai pengangan limbah B3 oleh pihak ke tiga. 

Secara umum urutan penanganan limbah B3 di industri dapat diurutkan melalui :
1. Penandaan limbah B3
2. Penanganan kemasan limbah B3
3. Penyimpanan limbah B3
4. Pengumpulan limbah B3
5. Pengangkutan limbah B3

Demikian uraian singkat mengenai limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) yang dihasilkan dari berbagai proses industri. Kita berharap pengawasan dan pengolahan limbah ini diawasi dengan ketat dan secara aktif dan secara bertahap mengurangi produk limbah B3. Semoga uraian singkat ini bermanfaat.

Dp,   

Post a Comment for "Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3)"

loading...