Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Gardu Induk dan Untuk Apa Gardu Induk itu Dibangun?


Gambar Gardu Induk/Substation
Apakah anda pernah melihat gardu induk? kalau pernah dimana anda melihatnya dan apa fungsi dari gardu induk? jika anda yang membaca artikel ini seseorang yang berprofesi atau bekerja di instansi pemerintah yaitu Perusahaan Listrik Negara (PLN) pasti paham betul dengan gardu induk.

Gardu induk tidak jarang kita jumpai atau dibangun disetiap kecamatan, kabupaten dan provinsi sesuai dengan kebutuhan di daerah tersebut. Gardu induk juga dibangun dekat dengan pembangunan pembangkit listrik.

Gardu induk atau disingkat GI secara umum diartikan sub sistem dari sistem penyaluran (transmisi) tenaga listrik atau merupakan satu kesatuan dari sistem penyaluran (transmisi).

Secara umum fungsi dari dibangunnya gardu induk ialah mentransformasikan atau mengkonversi daya listrik dari tegangan ekstra tinggi ke tegangan tinggi (500 KV/150 KV).

1. Dari tegangan tinggi ke tegangan yang lebih rendah (150 KV/70KV)

2. Dari tegangan tinggi ke tegangan menengah (150KV/20, 70KV/20KV)

3. Dengan nilai frekuensi tetap terutama di Indonesia dengan nilai 50 Hertz

Gardu induk juga difungsikan untuk ruang kontrol, pengamanan sistem rotasi dan yang paling utama menurunkan tegangan transmisi menjadi tegangan distribusi yang kemudian disalurkan ke masyarakat. Gardu induk juga dapat diklasifikasikan lagi berdasarkan jenisnya yaitu :

1. GI berdasarkan tegangannya yaitu GI tegangan ekstra tinggi (GITET) 275 KV, 500 KV dan GI tegangan tinggi 150 KV dan 70 KV.

2. GI berdasarkan pemasangan peralatan.

3. GI berdasarkan fungsinya.

4. GI berdasarkan isolasi yang digunakan.

5. GI berdasarkan sistem rel (busbar).

Jadi pada tahap selanjutnya apa saja pertimbangan dibangunnya gardu induk, ada beberapa alasan utama kenapa gardu induk harus dibangun disuatu daerah yaitu :

1. Kebutuhan akan beban yang semakin meningkat mendekati bahkan melebihi kemampuan GI yang terpasang sekarang.

2. Adanya perluasan daerah/wilayah atau wilayah/daerah baru yang membutuhkan pasokan/distribusi aliran listrik.

3. Adanya pembangunan infrastruktur kawasan industri, kawasan perumahan elite.

4. Pengembangan sistem tenaga listrik secara berkelanjutan seperti akan adanya pembangunan pembangkit listrik baru di suatu daerah.

5. Mengantisipasi kebutuhan akan energi listrik yang semakin tinggi, maka dibutuhkan pembangunan GI baru atau perluasan/up-grade GI yang sudah terbangun saat ini.

Demikian secara singkat dijabarkan mengenai Gardu Induk (GI) semoga rasa penasaran anda akan infrastruktur ini dapat terobati.


Dp,

Post a Comment for "Apa itu Gardu Induk dan Untuk Apa Gardu Induk itu Dibangun?"

loading...