Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Top 5 Perusahaan Pertambangan Produsen Tembaga Terbesar Dunia

Gambar Salah Satu Produk Tembaga (sumber:Glencore Copper)
Tembaga dengan lambang Cu dan nomor atom 29 yang lambang nya berasal dari bahasa Latin Cuprum (Wikipedia). Tembaga salah satu  logam yang diperoleh dari hasil proses penambangan yang tersebar di seluruh dunia, tak terkecuali oleh negara kita sendiri yaitu Indonesia.

Tembaga terdapat pada lapisan bumi kita yang biasanya ditemukan pada batuan Beku (Ignous Rock) dan batuan Sedimen (Sediment Rock). Tembaga biasanya terbentuk ataupun ditemukan bersama dengan bahan logam lainnya seperti emas dan perak.

Tembaga digunakan dan diolah menjadi komponen elektronik seperti smartphone, televisi, kulkas dan untuk komponen otomotif seperti komponen sepeda motor sampai bahan utama dari peralatan lisrik seperti kabel transmisi listrik yang semuanya ini tanpa disadari kita gunakan sehari-hari.

Nah, pada kesempatan ini saya saya akan merangkum singkat perusahaan - perusahaan pertambangan penghasil logam tembaga terbesar di dunia saat ini yang disadur dari mining.com.

1. Codelco

Gambar Operasi Penambangan Codelco (sumber:Coldelco Operation)
Codelco merupakan perusahaan pertambangan produsen tembaga yang berasal dari negara Amerika Selatan yaitu Chile yang sepenuhnya dimilik oleh pemerintah atau BUMN nya Chile.

Codelco menempati posisi pertama dalam hal output atau produksi tembaga dunia. Pada tahun 2016 perusahaan ini memproduksi tembaga sebesar 1,827 kt yang sebagian besar diperoleh dari lokasi tambang yang berada di El Abra dan Andina di negara Chile.

2. Freeport - McMoran

Freeport yang berkantor pusat di Phoenix, Arizona, Amerika Serikat menempati posisi kedua dalam kompotisi global dan persaingan produksi tembaga dunia. 

Lokasi pertambangan Freeport terbesar berada di Cerro Verde, Peru dan Grasberg,Papua, yang saat ini dimiliki oleh pemerintah Indonesia yang pada tahun 2016 perusahaan ini menghasilkan 1,696 kt tembaga.

Produksi terbesar Freeport ditopang oleh tambang terbuka Gresberg di Papua dimana tambang tersebut mempunyai nilai kadar bijih tembaga lebih tinggi dibanding nilai kadar bijih emasnya.

3. Glencore

Di urutan ketiga dalam kompetisi global output tembaga ditempati oleh Glencore yang berkantor pusat di negara Swiss dengan nama Glencore International Plc. Pada tahun 2016 menghasilkan logam tembaga sebesar 1,288 kt.

Lokasi pertambangan bijih tembaga Glencore berada di Australia, Afrika Selatan, Kanada dan Amerika Selatan seperti di Chile. Glencore merupakan anggota dari perdagangan saham di FTSE 100 Index di Amerika Serikat. Tonton videonya dibawah ini.

4. BHP Billiton

Menempati posisi keempat diisi oleh Anglo - Australia BHP Billiton yang berkantor pusat di Melbourne, Australia. Lokasi pertambangan perusahaan ini paling banyak berada Nowmen port, Goldsworthy di Australia dan Amerika Selatan, Brazil. Pada tahun 2016 BHP Billiton menghasilkan jumlah tembaga sebesar 1,113 kt.

5.  Sounthern Copper

Perusahaan yang menempati posisi kelima ialah Southern Copper Corporation yang merupakan anak perusahaan Grupo Mexico. Produksi tembaga yang meningkat pada tahun 2016 yaitu sebesar 900 kt.

Produksi bijih tembaga bayak terbesar diperoleh dari lokasi pertambangan yang sebagian besar berada di Meksiko dan Peru. Di Peru perusahaan ini mendirikan anak perusahaan dengan nama Sounthern Peru.

Demikian rangkuman singkat perusahaan - perusahaan pertambangan yang bermain dalam kompetisi output tembaga global. Semoga Bermanfaat.

Dp,

Post a Comment for "Top 5 Perusahaan Pertambangan Produsen Tembaga Terbesar Dunia"