Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Top Perusahaan Produsen Turbin dan Generator Terbesar di Dunia

gambar pembangkit listrik tenaga gas
| Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG)

" Turbin dan generator adalah bagian penting didalam pembangkit listrik, Kedua alat ini saling berhubungan dan memiliki peran penting untuk menghasilkan energi listrik. Turbin dan generator memiliki berbagai jenis tergantung jenis sumber dayanya "

Beberapa pembangkit listrik yang membutuhkan turbin dan generator seperti pembangkit listrik tenaga air, pembangkit listrik tenaga uap, pembangkit listrik tenaga panas bumi dan pembangkit listrik tenaga bayu (angin).

Siapakah, perusahaan produsen turbin dan generator terbesar saat ini, dari manakah asal dari produsen ini dan sudah berapa banyak turbin dan generator yang sudah mereka jual dan pasang diseluruh dunia?. 

Produsen Turbin dan Generator Pembangkit Listrik

Berikut adalah rangkuman profil 3 perusahaan produsen turbin dan generator terbesar di dunia versi konstruksi besar;

1. PRODUSEN TURBIN DAN GENERATOR: MITSUBISHI HEAVY INDUSTRIES GROUP
gambar logo mitsubishi
Logo Mitsubishi

Mitsubishi Heavy Industries (HMI), merupakan grup usaha dengan lini bisnis produksi dan jasa pelayanan di berbagai sektor industri seperti energi, transportasi, lingkungan, pesawat udara, teknik, infrastruktur dan ruang angkasa. Basis HMI berada di negara Jepang dengan kantor perwakilan yang tersebar di seluruh dunia.

Lini industri energi dengan basis produksi turbin, generator dan perlengkapannya dibawah anak perusahaan Mitsubishi Power. Jenis turbin utama yang diproduksi meliputi Turbin Gas (Gas Turbine), Turbin Uap (Steam Turbine), Turbin Air (Hydro Turbine) dan Turbin Kincir Angin (Wind Turbine).

Jenis gas turbine, berdasarkan situs resmi perusahaan (www.mhi.com) telah memasang lebih dari 1.500 turbin nasional di lebih 50 negara termasuk pemasangan kapasitas turbin sebesar 560 MW (Megawatt).


Steam turbine merupakan jenis turbin yang diproduksi dengan kemampuan produksi listrik mencapai 1.000 MW. Salah satu pembangkit listrik tenaga uap yang memakai turbin dari perusahaan ini adalah PLTU Paiton III yang berada di Provinsi Banten dengan kapasitas terpasang 866 MW.

Wind turbine adalah jenis turbin yang dipasang di pembangkit listrik tenaga bayu atau angin. Berdasarkan data resmi perusahaan, MHI telah mendistribusikan lebih dari 4.200 turbin jenis ini dengan perkiraan produksi listrik mencapai 4,4 GW (Gigawatt).

Jenis hydro turbine diproduksi oleh anak perusahaan HMI yaitu Hitachi Mitsubishi Hydro Corporation dengan spesifikasi tipe turbin Francis. Perusahaan mengklaim telah mengirimkan 2.127 unit turbin jenis ini dengan perkiraan kapasitas terpasang sebesar 92.149 MW (Megawatt).


2. 
PRODUSEN TURBIN DAN GENERATOR: GENERAL ELECTRIC (GE)
Logo General Electric
General Electric (GE) adalah perusahaan yang berkantor pusat di Amerika Serikat yang bergerak dalam industri tenaga (power), penerbangan (aviation), energi terbarukan (renewable energy) dan kesehatan (healthcare). Di industri penerbangan GE terkenal dengan penyedia mesin dan turbin pesawat udara seperti milik Boeing, Airbus dan NASA.

GE Power, merupakan lini yang memproduksi gas turbine (turbin gas), steam turbine (turbin uap) dan nuclear turbine (turbin nuklir), generator dan perlengkapannya. Perusahaan mengklaim, teknologi perlengkapan dan sistem transmisi GE digunakan hampir 90% diseluruh dunia.

gambar turbin pembangkit listrik tenaga gas
Turbin Gas/Gas Turbine (sumber:www.ge.com)

GE Renewable Energy adalah lini yang memproduksi onshore wind turbine (jenis turbin angin yang dipasang di darat), offshore turbine (jenis turbin yang dipasang di tengah laut), wind turbine blade, generator dan perlengkapannya. Lini ini juga yang memproduksi hydro turbine (turbin air) yang terkenal dengan merek GE-Alstom dan perlengkapannya.

Tipe turbin air yang diproduksi General Electric Renewable Energy yaitu tipe turbin Bulb, Francis, Kaplan, Pelton dan Pump turbin.

Berdasarkan situs resmi perusahaan (www.ge.com) lebih dari 25% turbin air yang terpasang diseluruh dunia merupakan produksi dari General Electric. Sebesar 40.000 unit wind turbine GE telah terpasang secara global dan sebesar 400 GW kapasitas listrik yang terpasang dari sumber energi terbarukan.


3. 
PRODUSEN TURBIN DAN GENERATOR: SIEMENS
Logo Siemens
Siemens merupakan perusahaan yang berfokus di industri antara lain energi, teknologi bangunan, teknologi penggerak, kesehatan, pembiayaan dan perangkat lunak. Basis perusahaan Siemens berada di Kota Munich, Jerman yang lebih 150 tahun berinovasi di industri ini.

Siemens Energi memprediksi pada tahun 2040 secara global akan mengalami peningkatan permintaan energi listrik sebesar 25%.

Siemens Energi Gas dan Power merupakan lini yang memproduksi gas turbine (turbin gas), steam turbine (turbin uap), generator dan mesin, sedangkan Siemens Gamesa Renewable Energy merupakan lini yang memproduksi onshore wind turbin, offshore wind turbine dan perlengkapannya.

Berdasarkan situs resmi perusahaan (www.siemens.com) pemasangan onshore wind turbine diseluruh dunia menghasilkan energi listrik sebesar 87,5 GW (Gigawatt) dan wind turbine offshore sebesar 15,7 GW.

Persaingan Pasar Produsen Turbin dan Generator Dunia

Seiring perjalanan waktu dan permintaan yang sangat tinggi di sektor energi. Pasar untuk turbin dan generator semakin ramai, semenjak munculnya produsen turbin dan generator dari China dan India.

PT Pindad, salah satu perusahaan badan usaha milik negara, juga ikut meramaikan pasar peralatan energi. PT Pindad juga ikut memproduksi generator untuk pembangkit listrik.

Demikian sekilas profil "3 Top Perusahaan Produsen Turbin dan Generator Terbesar di Dunia". Semoga Bermanfaat.


Dp.

Post a Comment for "3 Top Perusahaan Produsen Turbin dan Generator Terbesar di Dunia"