Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengulas Tentang Sumber Energi Pembangkit Listrik Tenaga Bayu dan PLTB Sidrap Terbesar Se-Asia Tenggara

Gambar Kincir angin/wind farm
Ketika merasa kepanasan baik sewaktu berada di ruangan tertutup ataupun sedang berada dibawah terik matahari sudah pasti badan merasa gerah, penuh dengan keringat dan membuat suasana kurang nyaman.

Solusi untuk keluar dari kondisi ini biasanya kita mengharapkan hembusan angin yang datang menghampiri atau dengan menggunakan alat bantu kipas angin atau dengan mesin pendingin (AC) mengenai badan sehingga dapat mendinginkan suasana badan dan tentu hati juga.

Angin bisa kita dapat dimanapun kita berada, angin memang tidak dapat kita lihat namun bisa kita rasakan, bahkan kita hirup. Kecepatan angin yang kita rasakan bisa sangat lambat namun bisa juga sangat kencang, apalagi jika kita berada ditempat yang tinggi biasanya angin sangat kencang.


Berdasarkan Wikipedia.org Angin didefenisikan sebagai aliran udara dalam jumlah besar yang diakibatkan oleh rotasi bumi (perputaran bumi) dan karena adanya perbedaan tekanan udara di sekitarnya. Dari defenisi ini bisa kita simpulkan bahwa kecepatan udara dipengaruhi oleh kondisi tekanan udara dan morfologi suatu daerah.

Dengan memanfaatkan kecepatan aliran angin ini terlahirlah teknologi pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB). Kenapa disebut tenaga Bayu? bayu berasal dari bahasa Sanskerta, berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) bayu diartikan sebagai Angin, dalam agama Hindu bayu adalah Dewa angin.


Secara singkat cara kerja PLTB ialah dengan memanfaatkan aliran angin dalam bentuk energi kinetik yang mengalir menuju baling-baling atau sering disebut kincir angin untuk memutar turbin yang kemudian memutar genenator selanjutnya generator akan menghasilkan listrik.

Lokasi penempatan kincir angin tidak sembarangan, melalui tahap pemantauan teknis, ekonomis dan lingkungan disekitarnya. Tahap teknis meliputi pemetaan pergerakan angin yang cukup lama baik melalui satelit cuaca dan pemantauan kecepatan angin di lokasi yang berlangsung cukup lama.

Kecepatan angin yang dibutuhkan minimum mempunyai kecepatan 3m/detik (3 meters/second) agar layak untuk didirikan kincir angin.


Pembangkit listrik tenaga bayu salah satu sumber energi yang ramah lingkungan (Clean Energy) yang masuk dalam program EBT (Energi Baru dan Terbarukan). PLTB memanfaatkan sumberdaya angin yang tersedia gratis dan tidak pernah habis. PLTB tidak menghasilkan gas monoksida atapun gas rumah kaca yang dapat mencemari udara dan lingkungan.

Salah satu pembangkit listrik pertama di Indonesia yang memanfaatkan tenaga angin ialah PLTB Sidrap yang berlokasi di Kabupaten Sidenreng Rappang, Provinsi Sulawesi Selatan. Dengan jumlah menara kincir angin sebanyak 30 buah dengan kapasitas terpasang 1 menara sebesar 2.5 MW, sehingga kapasitas terpasang seluruhnya mencapai 75 Megawatt (MW).

Gambar ilustrasi bentuk kincir angin/pexels
UPC Renewables perusahaan yang berasal dari China yang berhasil membangun PLTB ini dengan menyebutnya sebagai kebun Angin (Wind Farm) yang diklaim merupakan PLTB terbesar se-Asia Tenggara.

PLTB terdiri dari menara/tiang kincir angin dengan tinggi 70 meter, baling-baling angin yang dipasang berjumlah 3 buah yang terhubung dengan turbin dan ruangan berbentuk kotak sebagai tempat generator dan sistem peralatan elektronik dan juga difungsikan sebagai tempat perawatan mesin.

Salah satu kekurangan PLTB ialah energi listrik yang dihasilkan tidak stabil disebabkan listrik yang dihasilkan tergantung kecepatan angin, jika kecepatan angin tidak cukup maka tidak dapat menghasilkan listrik. Pasokan listrik yang tidak stabil ini sebaiknya dipadukan dengan pasokan listrik dari pembangkit lainnya selain PLTB.


PLTB merupakan teknologi baru di Indonesia, jumlah pasokannya belum sampai 1%. Jumlah pembangkit jenis ini baru terdapat 2 lokasi yaitu PLTB Sidrap dan PLTB Jeneponto di Sulawesi Selatan.

Perlu sosialisasi kepada masyarakat akan teknologi ini, selanjutnya para investor lebih dipermudah untuk mengembangkan potensi PLTB di Indonesia baik dari pemetaan potensi PLTB, segi Peraturan, perizinan dan proses pembebasan lahan yang lebih mudah bagi investor.

Demikian sekilas ulasan singkat mengenai pembangkit listrik tenaga bayu di Indonesia dan Dunia. Semoga Bermanfaat.

Dp,

Post a Comment for "Mengulas Tentang Sumber Energi Pembangkit Listrik Tenaga Bayu dan PLTB Sidrap Terbesar Se-Asia Tenggara"

loading...