Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Logam Tanah Jarang / Rare Earth Element dan Negara Produsen Logam Tanah Jarang Terbesar


Gambar Smartphone dari bahan logam tanah jarang
Pernahkah anda perhatikan smartphone Iphone dan Samsung Galaxy keluaran terbaru yang begitu kecil, tipis dan ringan? apakah anda menyadari bahwa alat tersebut tersusun dari bahan-bahan tambang seperti tembaga, nikel, kobal (cobalt), timah dan salah satu yang paling penting logam tanah jarang.

Logam tanah jarang atau Rare earth element (REE) merupakan unsur logam yang ditemukan di kerak bumi ini yang jarang ditemukan dalam keadaan kompleks namun tidak tertutup kemungkinan terdapat di seluruh bagian dunia ini baik dengan cadangan sangat besar atau pun kecil.

Logam tanah jarang atau elemen tanah jarang masuk dalam kebutuhan yang sangat kritis untuk digunakan pada barang telepon pintar (smartphone), komputer dan televisi.

Selain untuk kebutuhan barang-barang tersebut logam tanah jarang juga memainkan peran penting dalam sistem pertahanan nasional atau persenjataan yaitu digunakan untuk sistem radar dan peluru kendali.

Bahan ini juga menggerakkan teknologi di industri energi yang ramah lingkungan (clean energy) seperti komponen turbin tenaga bayu atau angin dan komponen kendaraan listrik seperti mobil listrik dengan baterai Lithium-Ion.Teknologi yang terbaru ialah magnet yang terbuat dari logam tanah jarang.

Proses pembentukan atau geologi pembentukan endapan logam tanah jarang biasanya tergantung dari proses fisika, kimia dan juga nilai unsur yang terkandung di daerah kerak bumi atau daerah pembentukannya. Logam tanah jarang juga bisa terbentuk bersama-sama dengan logam lainnya seperti bijih besi, bauksit dan nikel.

Terdapat 17 unsur elemen atau logam dari Tanah Jarang (Connelly,2005) Berdasarkan The International Union of Pure and Chemistry Classifies. Logam tanah jarang termasuk dalam Scandinum (Sc, nomor atom 21), yttrium (Y, 39), lathanides yang mana lanthanum (La, 57), cerium (Ce, 58), praseodymium (Pr, 59), neodymium (Nd, 60), promethium (Pm, 61), samarium (Sm, 62), europium (Eu, 63), gadolinium (Gd, 64), terbium (Tb, 65), dysprosium (Dy, 66), holmium (Ho, 67), erbium (Er, 68), thilium (Tm, 69), ytterbium (Yb, 70), dan lutetium (Lu, 71).

Berdasarkan Foreign Policy Magazine pada tahun 2016 konsumsi global logam tanah jarang berada pada angka 155.000 ton jauh lebih besar dari 45.000 ton yang digunakan 25 tahun yang lalu.

Negara- negara yang termasuk produsen logam tanah jarang terdiri dari Tiongkok (China), US, Brazil, Australia dan India. Negara China, Jepang dan Amerika Serikat merupakan konsumen paling besar dari logam tanah jarang. Ketiga negara ini masuk dalam negara yang memiliki teknologi yang sangat maju dan berkembang cepat.




Tambang logam tanah jarang di Mountain Pass, California, Amerika Serikat (sumber:MP Materials)
China merupakan produsen utama logam tanah jarang terbesar di dunia saat ini. Berdasarkan data dari Kementrian ESDM Pada tahun 2018 China mampu menghasilkan 120.000 ton yang mana produksi ini merupakan 70% dari produksi logam tanah jarang dunia.

Berdasarkan World Mine Production Reserves of REE dibawah ini akan ditunjukkan negara-negara dengan produksi tambang dan cadangan logam tanah jarang terbesar pada tahun 2013.

Negara Produksi Tambang (metric/metrik ton) Cadangan (metric/metrik ton)
Amerika Serikat 4.000 13.000.000
China (Tiongkok) 100.000 55.000.000
Australia 2.000 2.100.000
India 2.900 3.100.000

Potensi logam tanah jarang di Indonesia berdasarkan Kementrian ESDM masih dalam tahap survei dan eksplorasi yang berkelanjutan. Tahap awal logam tanah jarang terindikasi di Sumatera yaitu di daerah Parmonangan, Tapanuli Utara dan Bangka Belitung, Riau dan juga terindikasi berupa mineral Zirkon di Kalimantan dan Sulawesi.

Dengan meningkatnya permintaan dunia akan logam tanah jarang tidak salah kalau Indonesia dilirik oleh negara-negara konsumen terbesar logam ini. Permintaan ini harus cepat direspon oleh pemerintah untuk menemukan sumber daya dan cadangan logam tanah jarang yang siap ditambang atau diproduksi.

Demikian dijabarkan secara singkat mengenai logam tanah jarang di Indonesia dan Dunia Semoga Bermanfaat.


Dp,

Post a Comment for "Mengenal Logam Tanah Jarang / Rare Earth Element dan Negara Produsen Logam Tanah Jarang Terbesar"

loading...