Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahan - Bahan Tambang yang Digunakan di Industri Kosmetik dan Industri Keramik


Gambar aktivitas penambangan bahan galian industri kalsit
Bahan Galian Industri (BGI) adalah bahan galian yang ditambang dari perut bumi untuk digunakan untuk kebutuhan industri. Berbagai macam bahan bahan galian, yang tidak kita sadari kita gunakan sehari-hari bahkan kita gunakan untuk menunjang aktivitas kita sehari-hari.

Sebagai contoh kaca, kaca yang kita gunakan untuk bercermin bahan utamanya berasal dari mineral kuarsa yang diolah sedemikian rupa hingga bisa kita gunakan sampai sekarang. Dalam kesempatan ini saya akan membahas bahan galian industri yang digunakan sebagai bahan untuk bahan kosmetik seperti bedak dan lainnya.

Kalsit

Saat ini pemanfaatan kalsit sudah meluas diberbagai industri ada tercatat 23 industri baik digunakan untuk bahan tambahan maupun bahan utama. Selain dimanfaatkan untuk kebutuhan industri kalsit juga digunakan untuk sektor pertanian.
Kalsit (sumber :Earth.com)
Endapan kalsit merupakan hasil retrukturisasi batu gamping yang mengkristal setelah mengalami pelarutan biasa ditemukan dalam bentuk stalakmit dan stalaktif dengan kalsit mempunyai rumus CaCo3.

Potensi dan Jumlah Cadangan di Indonesia Berdasarkan data DSDM tahun 1991, jumlah cadangan yang sudah diselidiki (tereka) adalah 10,1 juta ton yang sebagian besar terdapat di Sumatera Barat (10 juta ton) dan Bagelan, Kabupaten Purwokerto, Jawa Tengah (0,1 juta ton).

Endapan kalsit banyak ditemukan di daerah pegunungan dan perbukitan, sehingga penambangan batu kalsit dilakukan dengan metode tambang terbuka atau sering disebut kuari dan hanya sebagian kecil dilakukan penambangan di daerah gua - gua kapur.


Standarisasi Pemanfaatan

Dalam industri kosmetik kalsit harus mempunyai spesifikasi seperti :
Permukaan : 6 - 11 6 – 11 m²/g
Ukuran butir : 0,2 – 0,4 ʮ
Kecerahan : 98 - 99 %


Pemanfaatan

Pemakain Filler untuk kosmetik antara lain sebagai berikut :
Filler pada cream pelembab pria dan wanita
Pembawa perfume
Filler untuk make up dan penahan sinar matahari
Untuk penggunaan pasta gigi.


Talk

Semakin meningkatnya pembangunan di Indonesia semakin besar juga permintaan kebutuhan bahan sehingga meningkatkan perkembangan industri di Indonesia seperti industri kosmetik, industri cat dan industri keramik dimana menandakan bahwa kebutuhan terhadap komoditas mineral talk ikut meningkat, baik sebagai bahan baku utama maupun bahan baku penolong.

Endapan talk dapat terbentuk hampir disetiap benua dan negara dengan endapan hampir hampir semuanya sama, sebagian besar batuan induk untuk formasi talk merupakan batuan dolomit batuan beku ultra-mafik. Talk adalah mineral yang sangat lunak dengan komposisi 3mg4SiO H2O. endapan talk banyak ditemukan di Amerika dan Inggris.

Sebagian besar talk ditambang dengan cara penambangan terbuka (open pit mining), akan tetapi cara penambangan dalam (underground mining) akhir-akhir ini banyak digunakan, tentunya dengan alasan-alasan tertentu, misalnya berdasarkan letak lokasi endapan.


Standarisasi Pemanfaatan

Beberapa standar untuk kosmetik agar talk bermutu tinggi antara lain : standar kosmetik dari Johnson and Johnson Australia, yang menggunakan talk dengan standar utama dari Mt Filton adalah sebagai berikut :
dapat melarutkan asam (1,25%)
Bulk density (20-25 pcf)
Licin, tidak kasar dan harus melekat pada kulit
Fe203 (0,3%)
Min 200 mesh (98,5%)
Min 100 mesh (100%)


Standar talk untuk kosmetik dari Britidh Pharma-coepie adalah antara lain:
sangat putih bedak/tepungnya;
netral (acidity alkality test)
meyerap asam (1% maks)
meyerap air (0,5%)
kekeringan (105) (1% maks)
pembakaran (1000) (6%)


Pemanfaatan

Bedak bayi
Bedak badan
Tepung halus
Bahan bulu mata
Pewarna muka
Anti praspiran
Cream dan latiom
Penghalus
Pewarna
Kemurnian
Pengharum
Penahan bau.


Kaolin

Kebutuhan akan mineral kaolin semakin meningkat seiring permintaan beberapa industri terutama kebutuhan industri kosmetik. Kaolin merupakan massa batuan yang tersusun dari mineral lempung dengan kandungan besi yang rendah. Kaolin mempunyai komposisi Aluminium Silikat (Al2O3 2SiO2 2H2O).

Nama kaolin berasal dari bahasa China " Kauling" yang berarti pegunungan tinggi. Dua proses geologi pembentukan kaolin yaitu proses pelapukan dan proses hidrotermal alterasi pada batuan beku feldspartik, mineral - mineral potas aluminium silika dan feldspar diubah menjadi kaolin.


Kaolin (sumber : globalminechem.com)
Berdasarkan penyelidikan diketahui Indonesia memiliki cadangan 7,2 juta ton, meliputi daerah Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Pulau Bangka dan Belitung. Penambangan batu kaolin biasanya dilakukan dengan cara tambang terbuka atau Quarry Mining dan dengan cara semprot dengan air.

Pemanfaatan

Pemanfaatan kaolin banyak digunakan untuk industri cat, industri keramik dan farmasi. sedangkan di industri kosmetik kaolin banyak dimanfaatkan untuk bahan bedak dan lation untuk kulit.

Demikian ulasan singkat beberapa bahan galian industri yang dimanfaat untuk bahan kosmetik dan industri keramik. Semoga Bermanfaat.


Dp,

Post a Comment for "Bahan - Bahan Tambang yang Digunakan di Industri Kosmetik dan Industri Keramik"

loading...