Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengubah Digital Elevation Model Menjadi Slope Menggunakan Mapinfo Pro 15 ?


DEM (Digital Elevation Model) adalah salah satu jenis peta raster yang dihasilkan dari pemetaan langsung dilapangan dan perekaman menggunakan satelit. Data DEM memuat titik koordinat, elevasi (ketinggian), jalur dan bentuk sungai dan tutupan lahan.

Data DEM biasanya dipergunakan untuk pemetaan topografi, pemetaan geologi, pemetaan penggunaan lahan dan pengembangan suatu daerah. Setiap negara biasanya mempunyai data DEM negaranya, baik untuk digunakan pihak pemerintah dan pengembang swasta.

Dari data DEM kita bisa mengetahui elevasi dan kemiringan lereng (slope) dari suatu daerah, tentu dengan menggunakan alat dari pihak ketiga seperti software pengolahan data Sistem Informasi Geografis yaitu Mapinfo dan Arcgis.

Dalam Video ini akan dijelaskan cara mengubah data DEM menjadi data Slope Menggunakan Software Mapinfo. Data ini bisa dipergunakan untuk menganalisa penggunaan lahan, analisa longsor dan kepentingan pemetaan geologi. Silakan klik tautan video diatas untuk menontonnya secara langsung. Semoga Bermanfaat.


Dp,

Post a Comment for "Cara Mengubah Digital Elevation Model Menjadi Slope Menggunakan Mapinfo Pro 15 ?"

loading...