Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Alat Berat yang Digunakan di Industri Pertambangan Ada Truk Kapasitas Angkut 200 Ton

aktivitas pertambangan batuan
Aktivitas Pertambangan

" Alat berat atau alat mekanis merupakan alat yang diperuntukkan untuk membantu manusia dalam mengerjakan pekerjaan dalam skala besar, biasanya digunakan untuk pengerjaan konstruksi bangunan, jalan, penimbunan, perkebunan dan pertambangan "

Sebelumnya kita bahas terlebih dahulu metode penambangan, sistem penambangan secara umum dibagi dalam dua metode yaitu metode tambang terbuka (open pit) dan metode tambang tertutup/bawah tanah (underground mine).

Siklus Tambang Terbuka

Pada artikel ini akan dijabarkan alat berat yang digunakan dalam metode tambang terbuka, Secara umum siklus penambangan dapat diuraikan mulai dari pembongkaran meliputi peledakan dan penggalian, pemuatan (loading), pengangkutan, pengolahan dan penimbunan kembali (back filling) dapat digambarkan dengan jelas seperti yang terlihat seperti gambar.

Metode Tambang Terbuka

Metode tambang terbuka biasanya diterapkan untuk bahan tambang atau depositnya dekat dengan permukaan bumi atau tergantung cadangan yang terkandung masih bisa ditambang dari permukaan dan masih menguntungkan bila ditambang dengan metode tambang terbuka. Metode ini sangat diuntungkan dari segi teknis dan ekonomis karena lebih mudah diterapkan dan sistem keamanan lebih baik. 

Jenis Alat Berat di Tambang Terbuka

Apa saja alat berat atau alat mekanis yang digunakan di metode tambang terbuka akan dijabarkan secara singkat dibawah ini.

1. Peledakan/Pembongkaran Material

Tujuan dari pembongkaran material adalah untuk memisahkan batuan dari batuan induk agar material menjadi berukuran kecil dan bisa dimuat kedalam alat angkut seperti dump truck, fungsi lainnya ialah membuka atau membuang lapisan penutup (Overburden/OB) dari bahan galian yang akan ditambang.

Salah satu alat untuk pemboran lubang tembak untuk tujuan peledakan salah satu alat ialah Tamrock Pantera 1100, alat ini banyak digunakan karena kehandalan dan efektifitasnya.


gambar alat bor batuan
Tamrock (Sumber : Tamrock) 

2. Alat Muat

Alat muat merupakan alat yang berfungsi untuk memuat (Loading) material penambangan ke alat angkut, alat ini dapat berupa excavator, shovel sampai bucket Wheel Excavator (BWE). salah satu yang sangat populer digunakan ialah Excavator.

aktivitas penggalian dan pemuatan excavator
Excavator/Back Hoe


3. Alat Angkut

Alat angkut berfungsi untuk memindahkan material batuan/batubara atau tanah dari lokasi pembongkaran/peledakan ketempat yang akan ditujukan, untuk batubara biasanya dipindahkan ke lokasi stockpile (penimbunan batubara sementara) sementara untuk material tanah biasanya dipindahkan ke disposal/penimbunan material tanah (Overburden). 

Salah satu alat angkut yang paling banyak digunakan untuk memindahkan material tanah ialah Articulated Dump Truck (ADT) kelebihan dari ADT adalah kefleksibelannya berjalan dalam kondisi jalan berlumpur dan basah. Komatsu, Hitachi, Volvo, Cat adalah perusahaan yang memproduksi jenis ini. ADT dapat mengangkut material OB hingga 30 ton.

gambar truck ADT (Articulated Dump Truck)
Articulated Dump Truck. (Sumber : PT.HPMP)

Untuk pilihan kedua, untuk pengangkutan OB dengan kondisi jalan yang kering dan berbatu banyak menggunakan Dump Truck dengan merk Scania atau Hino. Alat ini dapat mengangkut material OB sampai 20-30 ton.

gambar dump truck iveco
Dump Truck


Pilihan berikutnya untuk daya angkut yang lebih besar menggunakan Haul Dump (HD) biasanya digunakan untuk kapasitas pengangkutan yang cukup besar dapat mengangkut material Overburden(OB) dengan material batubara dan bijih logam dengan kapasitas 200 ton.

gambar haul dump HD komatsu
Haul Dump (HD) (Sumber : Komatsu)

Untuk pengangkutan untuk batubara, dibeberapa perusahaan pertambangan batubara khususnya di Indonesia alat angkut untuk pengangkutan batubara banyak menggunakan Truck dengan jenis Dump Truck dengan kapasitas 25-30 ton bermerek Hino dan Scania.

Penjabaran diatas ialah alat-alat yang digunakan dengan metode tambang terbuka, sedangkan bahan tambang yang digali ialah material tanah dan batubara. 

Artikel ini dibuat berdasarkan opini pribadi dan data dari berbagai sumber. Mohon dikoreksi jika ada kesalahan penulisan di dalam artikel ini. Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar, untuk menyempurnakan artikel ini.

Sekian ulasan singkat mengenai "Alat Berat yang Digunakan di Industri Pertambangan Ada Truk Kapasitas Angkut 200 Ton". Semoga Bermanfaat.


Dp.

Post a Comment for "Alat Berat yang Digunakan di Industri Pertambangan Ada Truk Kapasitas Angkut 200 Ton"