Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Potensi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara

peta wilayah kerja panas bumi (WKP) Simbolon (sumber:Kementrian ESDM)
Pemerintah Indonesia dibawah naung Direktorat Energi Baru Terbarukan dan Konversi Energi (EBTKE) Kementrian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) mulai melaksanakan tender lelang terhadap WKP (Wilayah Kerja Panas Bumi) Simbolon di Kabupaten Samosir yang ditargetkan beroperasi pada tahun 2024. 

Potensi listrik yang dapat dihasilkan dari pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) ini sekitar 110 MW (Megawatt). Lokasi WKP ini terletak di Desa Simbolon di Kabupaten Samosir. WKP ini memiliki luas area sebesar 168.800 hektar are (Ha), yang meliputi enam Kabupaten yaitu Kabupaten Samosir, Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Humbang Hasundutan dan Kabupaten Dairi.

Demi memperlancar pembangunan dan pengembangan WKP Simbolon ini, pemerintah Indonesia diwakili Direktorat Jendral Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) memberikan Sosialisasi Pengembangan Panas Bumi di WKP Simbolon Samosir di Sumatra Utara. Beberapa perusahaan lokal dan luar negeri sudah menyatakan tertarik untuk berinvestasi dan mengelola WKP Simbolon untuk dikembangkan. 

Perusahaan Ormat Technologies, Inc yang bergerak dibidang pengembangan Gheotermal Energy yang berasal dari Amerika Serikat merupakan perusahaan yang tertarik terhadap WKP Simbolon, dimana seperti yang kita ketahui bersama perusahaan ini merupakan salah satu pengembang dan pendana Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Sarulla Operation yang berada di Pahae Julu Tapanuli Utara dengan kapasitas terpasang 110 MW.

Dengan adanya pengembangan dan pemanfaatan Panas Bumi Simbolon diharapkan akan  memberikan konstribusi besar bagi Kabupaten Samosir dan Kabupaten sekitarnya baik dari segi pendapatan daerah bukan pajak negara dan kesempatan dunia kerja bagi masyarakat lokal di Kabupaten Samosir

Pengembangan WKP Simbolon juga salah satu harapan Ditjen EBTKE untuk menambah pasokan listrik khususnya di wilayah Sumbagut (Sumatera Bagian Utara) dan salah satu program pemerintah untuk mengurangi ketergantungan terhadap sumber energi yang berasal dari fosil (Minyak Bumi, Batubara dan Gas Bumi).

Dp,

2 comments for "Potensi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara"

  1. Kepada Yth.
    Bagian Ekspor - Import & Domestics

    Dengan Hormat,
    Perkenalkan kami dari PT.MEGATON SAMUDERA ASIA International Freight Forwarding, melayani pengirimam dengan pembelian EX WORKS, FOB, C&F, CIF, dari seluruh Negara dan service yang kami tawarkan sebagai berikut :

    Ø Sea and Air Cargo Service
    Ø Customs Clearance Service
    Ø International Courier Services
    Ø Jasa Import Door To Door
    Ø Import Borongan Mesin Bekas
    Ø Undername Import KUOTA SPI Biji Plastik
    Ø Undername Import KUOTA SPI Besi & Baja
    Ø Borongan ( All-In )
    Ø Undername (Penyewaan Consegnee)

    Demikianlah Penawaran Jasa ini kami ajukan Kepada Perusahan yang Bpak/Ibu Pinpin Semoga terjalin kerjasama dengan Baik Untuk yang akan datang, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

    PT.MEGATON SAMUDERA ASIA Jasa Forwarder Import , Jasa Import Door to Door dan sewa Undername Perusahaan
    Gedung Pembina Graha Lt. 02 Room. 221
    Jl.D.I Penjaitan No.45 Rawa Bunga Jakarta 13350

    Contact :
    Tlp : +62 21 – 8591 7799
    Fax : +62 21 – 2232 6705
    Web : www.importundername.com
    Web : www.msalogistics.co.id
    Web : www.undernameimport.com
    Web : www.profesionalcustoms.com
    BP. ZAIN
    Hp.Wa 08124888854
    Hp.Wa 08122223856

    ReplyDelete
loading...