Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Batubara dan Perusahaan Pertambangan Batubara Terbesar di Indonesia

jenis batubara antrasit
| Batubara/Coal

" Batubara adalah salah satu bahan bakar fosil yang terbentuk dari proses geologi, kimia dan biologi. Pengertian umumnya adalah batuan sedimen yang dapat terbakar, terbentuk dari endapan organik "

Pengertian umum batubara berasal dari sisa-sisa tumbuhan (organik) yang terbentuk melalui proses pembatubaraan, yang terdiri dari proses tekanan dan temperatur. Unsur-unsur utama penyusun batubara adalah karbon, hidrogen dan oksigen (wikipedia.org). Batubara memiliki rumus kimia C, yang artinya kandungan batubara paling besar terdiri dari karbon.

Sejarah Pemanfaatan Batubara

Batubara pertama kali dimanfaatkan sebagai bahan bakar kereta api uap di Inggris Raya. Kemudian dimanfaatkan sebagai bahan bakar pembangkit listrik tenaga uap (PLTU). Saat ini PLTU banyak digunakan di beberapa negara di dunia untuk memenuhi pasokan energi listriknya. Sebagian kecil batubara juga diolah menjadi briket batubara, baik untuk ekspor briket dan kebutuhan dalam negeri.

Briket batu bara adalah bahan bakar padat yang terbuat dari batubara dengan sedikit campuran seperti tanah liat dan tapioka. Briket mampu menggantikan sebagian dari kegunaan Minyak Tanah, yang digunakan untuk : Pengolahan Makanan, Pengeringan, Pembakaran dan Pemanasan Ruangan.

Cadangan Batubara Indonesia dan PLTU

Di Indonesia sendiri batubara banyak dimanfaatkan menjadi bahan bakar Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Pembangkit listrik tenaga uap yang sudah terbangun di Indonesia, contohnya seperti PLTU Batang, PLTU Suralaya, PLTU Pangkalan Susu di Langkat.

PLTU adalah singkatan pembangkit listrik tenaga uap, merupakan pembangkit listrik yang menggunakan batubara sebagai bahan bakarnya, yang bertujuan memanaskan cairan air, untuk menghasilkan uap, yang kemudian uap air, akan memutar turbin untuk menghasilkan listrik melalui generator.

Pembangkit listrik tenaga uap terbesar di Indonesia dapat membacanya di postingan artikel saya sebelumnya di link berikut ini Pembangkit Listrik Tenaga Uap Terbesar di Indonesia (PLTU)

Suplai batubara untuk kebutuhan PLTU di Indonesia banyak disuplai dari perusahaan-perusahaan pertambangan di dalam negeri. Operasi pertambangan dan cadangan batubara di Indonesia, yang paling besar ditemukan di Pulau Kalimantan dan Pulau Sumatera. Memang di Indonesia saat ini batubara banyak ditemukan dan ditambang di daerah tersebut. 

gambar bangunan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) cirebon 2
| PLTU Cirebon 2

Perusahaan Pertambangan Produsen Batubara Terbesar di Indonesia

Salah satu pertambangan produsen batubara terbesar di Indonesia adalah  PT Adaro Indonesia, di bawah grup perusahaan ADARO ENERGY, yang merupakan kelompok perusahaan energi di Indonesia yang berfokus pada bisnis pertambangan batubara yang terintegrasi melalui anak-anak perusahaannya. 

Letak cadangan batubara dan operasional tambang Adaro yang paling besar terletak di Kabupaten Tabalong dan Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, dimana anak perusahaannya mengoperasikan tambang batubara tunggal terbesar di Indonesia.

Adaro beroperasi di bawah di bawah naungan PKP2B (Perjanjian Karya Pengusaha Batubara) generasi pertama yang berlaku sampai tahun 2022 yang lokasi tambangnya tepat di Kabupaten Tabalong dan Balangan, Kalimantan Selatan.

Produksi batubara Adaro pada tahun 2014 mencapai 51,5 juta ton dengan penjualan batubara 53 juta ton ditahun yang sama. Cadangan batubara yang dimiliki oleh Adaro mencapai 12,8 milyar ton dengan jenis batubara sub-bituminous dengan spesifikasi CV sedang atau rendah, emisi sulfur, abu dan N0x yang ultra rendah. 

Konsumen utama PT Adaro adalah pembangkit listrik dan produsen semen. Sekitar 25% produksi batubara PT Adaro untuk pelanggan di Indonesia dan 75% untuk pelanggan asing atau ekspor.

gambar pemuatan batubara ke haul dump
| Operasional Pertambangan PT Adaro Indonesia

PT Adaro juga didukung oleh anak perusahaan untuk mendukung operasi penambangan yang meliputi kontraktor pertambangan, yaitu PT Sapta Indra Sejati (SIS), sektor logistik, sektor ketenagalistrikan dan masih banyak lagi. 

Untuk memenuhi permintaan akan batubara akhir-akhir ini, Adaro mengakuisisi beberapa perusahaan Pertambangan batubara di Pulau Kalimantan dan Sumatera, untuk peningkatan cadangan dan memenuhi permintaan konsumen akan batubara untuk digunakan di Pembangkit Listrik Tenaga Uap.  

Penutup

Batubara merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, yang artinya cadangan batubara akan semakin menipis dan akhirnya habis seiring penggunaanya secara terus menerus. Butuh waktu berjuta - juta tahun agar batubara terbentuk kembali. Maka perlu energi alternatif untuk menggantikan energi fosil di masa depan.

Cadangan batubara yang dimiliki Indonesia saat ini sangat besar, mencapai ratusan milyar ton, sehingga cadangan batubara ini harus dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pasokan listrik dalam negeri, untuk kebutuhan masyarakat Indonesia.

Artikel ini dibuat berdasarkan opini pribadi dan data dari berbagai sumber. Mohon dikoreksi jika ada kesalahan penulisan di dalam artikel ini. Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar, untuk menyempurnakan artikel ini.

Demikian ulasan singkat mengenai "Batubara dan Perusahaan Pertambangan Batubara Terbesar di Indonesia saat ini". Semoga Bermanfaat.

Dp.

#batubara #pertambangan #perusahaan

Post a Comment for "Batubara dan Perusahaan Pertambangan Batubara Terbesar di Indonesia"