Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gempa Bumi di Sumatera Utara dan Titik Episentrum Gempa Bumi Tanggal 10 Februari 2017

google maps gempa bumi di sumatera utara
| Titik pusat gempa (sumber:google earth dimodifikasi)

" Gempa bumi atau earthquake kembali mengguncang tanah Sumatera Utara pada tanggal 10 Februari 2017, gempa dapat dirasakan di daerah Kabupaten Tanah Karo, Deli Serdang, Dairi dan Kota Medan "

Gempa bumi adalah peristiwa berguncangnya bumi yang disebabkan oleh tumbukan antar lempeng bumi, aktivitas sesar (patahan), aktivitas gunung api atau runtuhan bangunan. Jenis bencana ini bersifat merusak, dapat terjadi setiap saat dan berlangsung dalam waktu singkat.

Seperti yang dilaporkan oleh BMKG pusat gempa berada pada koordinat 3,24 LU dan 98,48 BT dengan kedalaman 10 km kekuatan 3,5 skala ritcher terjadi pada pukul 00.19 WIB. Pusat gempa saya plotkan di Google Earth.

Sedangkan gempa susulan yaitu dengan kekuatan gempa 4,5 skala ritcher pada pukul 01.05 WIB pusat gempa hampir dekat dengan pusat gempa pertama yaitu pada koordinat 3,34 LU dan 98,50 BT saya akan tunjukkan pusat gempa di Google Earth. Semua pusat gempa berada di Kabupaten Tanah Karo.

gempa bumi
| Ilustrasi Runtuhan Rumah Akibat Gempa Bumi

Sekedar informasi gempa adalah kejadian alamiah atau salah satu bencana alam yang dapat terjadi disetiap negara dimanapun di dunia ini. Secara umu terdapat dua jenis gempa bumi secara alamiah.

1. Gempa tektonik yaitu gempa yang terjadi karena pergerakan, tabrakan atau tubrukan lempeng bumi baik di dasar laut atau di daratan.
2. Gempa vulkanik yaitu gempa yang terjadi dan dapat dirasakan akibat dari letusan gunung berapi.

Demikian sekilas gempa "Gempa Bumi di Sumatera Utara dan Titik Episentrum Gempa Bumi Tanggal 10 Februari 2017". Semoga bermanfaat.
 

Dp.

#gempabumi #sumaterautara
Print Friendly and PDF

Post a Comment for "Gempa Bumi di Sumatera Utara dan Titik Episentrum Gempa Bumi Tanggal 10 Februari 2017"