Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Three Gorges Dam, Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air Terbesar di Dunia

Gambar bendungan/bendung
Three Gorges Dam merupakan proyek pembangkit listrik tenaga air (Hydroelectric Power Plant) terbesar di Dunia saat ini, proyek ini terletak di Sandouping, Yichang Provinsi Hubei China (Tiongkok).

Proyek ini mulai dikerjakan pada tahun 1994 dan selesai sampai beroperasi pada tahun 2009 dengan pendanaan berasal dari pemerintah China, perusahaan dan beberapa Bank dari Kanada, Prancis, Jerman, Swiss, Swedia dan Brazil dengan dana sekitar 24.000.000.000 (24 Milyar) USD.

Proyek ini memanfaatkan aliran sungai Yangtze yang merupakan sungai terbesar dan terpanjang di dunia dengan panjang 3.937 mil atau sekitar 6.335 km dengan debit tahunan 960 miliar kubik yang mengarah ke laut China Timur.

Sumber air sungai ini berasal dari pegunungan gletser es Selatan-Barat dari Chongquing sedangkan luas daerah tangkapan air sungai 1,8 juta kilometer persegi dan banjir setiap sepuluh tahun sekali.

Bendungan yang dibangun merupakan bendungan yang terbesar di dunia saat ini, dengan tinggi 600 kaki (ft) atau sekitar 186.88 meter. Didalam bendungan dipasang 26 turbin dan generator yang menghasilkan tenaga listrik sekitar 84.600.000.000 kilowatt/jam dengan 50 MW per turbin/generator.


Three Gorges Dam
Dengan menggunakan tipe turbin Francis yang diproduksi oleh Perusahaan Peralatan listrik dan teknik Perancis GEC-Alsthom yang juga ikut mendanai Proyek ini.

Dengan adanya proyek ini Negara China memperoleh manfaat baik dari segit ekonomi, sosial lingkungan dan pariwisata antara lain, penggunaan dan pemanfaatan air untuk pembangkit listrik tenaga air mengurangi ketergantungan Pemerintah China terhadap penggunaan batubara yang selama ini menjadi andalan China untuk pembangkit listrik.


Pembangunan bendungan juga merupakan faktor yang sangat penting, dengan adanya bendungan ini antisipasi banjir tahunan di daerah sungai ini dapat diatasi dan bendungan sekarang ini bisa dijadikan tempat pariwisata yang sangat berbeda dari sebelumnya, dan paling bermanfaat yaitu pemadaman listrik di daerah ini tidak akan pernah terjadi lagi.

Proyek ini telah membuat negara China diakui dunia sebagai negara yang berpengalaman untuk membangun pembangkit listrik tenaga air. Sehingga sekarang ini makin banyak perusahaan-perusahaan China yang berekvansi ke luar negeri untuk membangun pembangkit listrik baik dari segi pembiayaan dan teknik konstruksi.

Sekian ulasan dan rangkuman saya mengenai Three Gorges Dam semoga bermanfaat, jangan lupa beri komentar dibawah ya...


Dp,

1 comment for "Three Gorges Dam, Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air Terbesar di Dunia"

  1. Kepada Yth.
    Bagian Ekspor - Import & Domestics

    Dengan Hormat,
    Perkenalkan kami dari PT.MEGATON SAMUDERA ASIA International Freight Forwarding, melayani pengirimam dengan pembelian EX WORKS, FOB, C&F, CIF, dari seluruh Negara dan service yang kami tawarkan sebagai berikut :

    Ø Sea and Air Cargo Service
    Ø Customs Clearance Service
    Ø International Courier Services
    Ø Jasa Import Door To Door
    Ø Import Borongan Mesin Bekas
    Ø Undername Import KUOTA SPI Biji Plastik
    Ø Undername Import KUOTA SPI Besi & Baja
    Ø Borongan ( All-In )
    Ø Undername (Penyewaan Consegnee)

    Demikianlah Penawaran Jasa ini kami ajukan Kepada Perusahan yang Bpak/Ibu Pinpin Semoga terjalin kerjasama dengan Baik Untuk yang akan datang, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

    PT.MEGATON SAMUDERA ASIA Jasa Forwarder Import , Jasa Import Door to Door dan sewa Undername Perusahaan
    Gedung Pembina Graha Lt. 02 Room. 221
    Jl.D.I Penjaitan No.45 Rawa Bunga Jakarta 13350

    Contact :
    Tlp : +62 21 – 8591 7799
    Fax : +62 21 – 2232 6705
    Web : www.importundername.com
    Web : www.msalogistics.co.id
    Web : www.undernameimport.com
    Web : www.profesionalcustoms.com
    BP. ZAIN
    Hp.Wa 08124888854
    Hp.Wa 08122223856

    ReplyDelete