Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PT. Freeport Indonesia, Top Perusahaan Tambang Emas Terbesar di Indonesia


Emas batangan (sumber : selling-gold.org.uk)
Kalau kita mendengar kata emas pasti pikiran kita langsung timbul kata keindahan dan mahal dan satu lagi investasi, biasanya emas digunakan dan dikenakan dijari tangan untuk cincin dan dileher untuk kalung bahkan disimpan sebagai investasi dalam bentuk emas batangan, sehingga bila orang menggunakan emas (perhiasan) terasa indah dan cantik apalagi digunakan wanita.

Mungkin sampai disini kita sudah bisa mengerti bagaimana indah dan mahalnya emas itu. Mungkin masih banyak kita belum tahu bagaimana emas didapat, diolah sampai bisa kita gunakan didalam kehidupan sehari - hari.

PT. Freeport Indonesia (Freeport-McMoRan (FCX)) merupakan perusahaan tambang produsen emas terbesar di Indonesia saat ini, terletak di Indonesia bagian barat Indonesia tepatnya di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua. 

Freeport-McMoRan (FCX) merupakan perusahaan pertambangan internasional utama dengan kantor pusat di Phoenix, Arizona, Amerika Serikat yang merupakan perusahaan publik yang menghasilkan tembaga dan emas terbesar di dunia.

Perusahaan ini sudah beroperasi di Indonesia hampir 30 tahun dengan bahan tambang utama emas, perak dan tembaga. proses penambangan, pengangkutan, pengolahan bijih emas sampai menjadi emas batangan semuanya diproses di Indonesia sebagian diekspor keluar negeri.

PT. Freeport Indonesia (PTFI) menerapkan 2 metode penambangan, yaitu metode tambang terbuka dan metode tambang bawah tanah (menggunakan terowongan). metode tambang terbuka jenis Open Pit merupakan metode pertama yang diterapkan perusahaan untuk menambang emas yaitu di daerah Grasberg, yang merupakan daerah ditemukannya pertama kali singkapan emas.

Tambang Terbuka Grasberg (Sumber. PT Freeport Indonesia)
Metode tambang bawah tanah merupakan metode kedua yang digunakan perusahaan untuk menambang, metode ini diterapkan setelah perusahaan menemukan kembali cadangan emas dibagian terdalam gunung Grasberg. metode ini menggunakan jalur Tunnel (Terowongan) untuk jalur masuk, penambangan sampai pengangkutan bahan galian ke permukaan bumi.

Batuan yang mengandung emas dan tembaga yang ditambang dari Grasberg dan tambang bawah tanah, akan diangkut ketempat pengolahan yaitu tempat dimana batuan akan dipisahkan untuk mendapatkan biji emas, tembaga dan perak.

Sekedar informasi bila suatu batuan mengandung emas maka sudah pasti terdapat juga bijih tembaga dan perak. bila bijih emas sudah dipisahkan dari batuannya maka bijih (konsentrat) akan dileburkan dan dibentuk menjadi batangan emas.

Pabrik Pengolahan (Sumber.PT Freeport Indonesia)
Batuan yang sudah dipisahkan dari mineral emas so pasti mengandung bahan kimia yang berbahaya dan harus dibuang ketempat yang lebih aman agar tidak merusak alam dan mahluk hidup disekitarnya yang paling utama kesehatan dan keselamatan manusia.

Bahan bekas pengolahan ini atau disebut dengan tailing akan diolah untuk menetralisir bahan kimia yang terdapat disana kemudian akan dialirkan melalui sungai dan akan mengendap di daerah paling rendah, perusahaan mengklaim limbah ini tidak cukup berbahaya lagi dan bisa digunakan untuk kebutuhan lain alias reklamasi.


yah..memang cukup besar bijih emas, tembaga yang dihasilkan dari tambang ini, harapan kita bersama dari aktvitas penambangan ini memberikan manfaat yang cukup besar bagi negara terlebih kepada masyarakat Papua.

Ketika cadangan emas ini sudah habis nantinya, so..pasti perusahaan akan meninggalkan permasalah yang kompleks mulai dari masalah lingkungan, perubahan bentang alam sampai masalah kemakmuran masyarakat disekitarnya.

Kita berharap pemerintah memperhatikan hal-hal ini dengan baik agar keuntungannya diperoleh dapat dimanfaatkan dan masalah dikemudian hari sudah dapat diatasi dari sekarang.


Dp,

1 comment for "PT. Freeport Indonesia, Top Perusahaan Tambang Emas Terbesar di Indonesia"

  1. Kepada Yth.
    Bagian Ekspor - Import & Domestics

    Dengan Hormat,
    Perkenalkan kami dari PT.MEGATON SAMUDERA ASIA International Freight Forwarding, melayani pengirimam dengan pembelian EX WORKS, FOB, C&F, CIF, dari seluruh Negara dan service yang kami tawarkan sebagai berikut :

    Ø Sea and Air Cargo Service
    Ø Customs Clearance Service
    Ø International Courier Services
    Ø Jasa Import Door To Door
    Ø Import Borongan Mesin Bekas
    Ø Undername Import KUOTA SPI Biji Plastik
    Ø Undername Import KUOTA SPI Besi & Baja
    Ø Borongan ( All-In )
    Ø Undername (Penyewaan Consegnee)

    Demikianlah Penawaran Jasa ini kami ajukan Kepada Perusahan yang Bpak/Ibu Pinpin Semoga terjalin kerjasama dengan Baik Untuk yang akan datang, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

    PT.MEGATON SAMUDERA ASIA Jasa Forwarder Import , Jasa Import Door to Door dan sewa Undername Perusahaan
    Gedung Pembina Graha Lt. 02 Room. 221
    Jl.D.I Penjaitan No.45 Rawa Bunga Jakarta 13350

    Contact :
    Tlp : +62 21 – 8591 7799
    Fax : +62 21 – 2232 6705
    Web : www.importundername.com
    Web : www.msalogistics.co.id
    Web : www.undernameimport.com
    Web : www.profesionalcustoms.com
    BP. ZAIN
    Hp.Wa 08124888854
    Hp.Wa 08122223856

    ReplyDelete
loading...