Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Top Perusahaan Pertambangan Emas Terbesar di Indonesia PT. Freeport Indonesia

gambar emas batangan
| Ilustrasi gambar emas batangan (sumber : selling-gold.org.uk)

" Kalau kita mendengar kata emas pasti pikiran kita langsung timbul kata keindahan, mahal dan satu lagi investasi. Biasanya emas digunakan dan dikenakan di jari tangan untuk cincin dan di leher untuk kalung, bahkan disimpan sebagai investasi dalam bentuk emas batangan "

Mungkin sampai disini kita sudah bisa mengerti bagaimana indah dan mahalnya emas itu. Masih banyak kita belum tahu bagaimana emas didapat, diolah sampai bisa kita gunakan didalam kehidupan sehari - hari.

Emas memiliki rumus kimia Au, endapan emas terdapat pada batuan beku dan batuan sedimen. Pada batuan yang mengandung mineral emas, dapat juga terkandung mineral ikutan yang berharga, seperti perak (Ag) dan tembaga (Cu).

Latar Belakang dan Operasional PT Freeport di Papua

PT. Freeport Indonesia (Freeport-McMoRan (FCX), merupakan perusahaan pertambangan produsen emas terbesar di Indonesia saat ini, terletak di Indonesia bagian barat Indonesia, tepatnya di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua. 

Freeport-McMoRan (FCX), merupakan perusahaan pertambangan internasional dengan kantor pusat di Phoenix, Arizona, Amerika Serikat yang merupakan perusahaan publik yang menghasilkan tembaga dan emas terbesar di dunia.

Perusahaan ini sudah beroperasi di Indonesia hampir 30 tahun dengan bahan tambang utama emas, perak dan tembaga. Proses penambangan, pengangkutan, pengolahan bijih emas sampai menjadi emas batangan semuanya diproses di Indonesia sebagian diekspor keluar negeri dalam bentuk bijih.

Menerapkan Metode Tambang Terbuka dan Bawah Tanah

PT. Freeport Indonesia (PTFI), menerapkan 2 metode penambangan, yaitu metode tambang terbuka (mine surface) jenis open pit dan metode tambang bawah tanah (underground mine), jenis caving method.

Metode tambang terbuka jenis Open Pit, merupakan metode pertama yang diterapkan perusahaan untuk menambang emas yang dekat dengan permukaan, yaitu di daerah Grasberg yang merupakan daerah ditemukannya pertama kali singkapan emas.
gambar operasi pertambangan pt freeport
| Tambang Terbuka Grasberg (Sumber. PT Freeport Indonesia)

Metode tambang bawah tanah merupakan metode kedua yang diterapkan perusahaan untuk menambang. Metode ini diterapkan setelah perusahaan menemukan kembali cadangan emas dibagian terdalam gunung Grasberg. Metode ini menggunakan jalur Tunnel (Terowongan) untuk jalur masuk, penambangan sampai pengangkutan bahan galian ke permukaan bumi.

Batuan yang mengandung emas dan tembaga yang ditambang dari open pit Grasberg dan tambang bawah tanah menggunakan peralatan mekanis tambang bawah tanah. Kemudian akan diangkut ke tempat pengolahan yaitu tempat dimana batuan akan dipisahkan untuk mendapatkan biji emas, tembaga dan perak.

Sekedar informasi bila suatu batuan mengandung emas maka sudah pasti terdapat juga bijih tembaga dan perak. Bila bijih emas sudah dipisahkan dari batuannya maka bijih (konsentrat) akan dileburkan dan dibentuk menjadi batangan emas.

gambar pabrik pengolahan emas pt freeport
| Pabrik Pengolahan (Sumber.PT Freeport Indonesia)

Batuan yang sudah dipisahkan dari mineral emas, pasti mengandung bahan kimia yang berbahaya dan harus dibuang ke tempat yang lebih aman agar tidak merusak alam dan makhluk hidup di sekitarnya dan terutama kesehatan dan keselamatan manusia.

Pengolahan Limbah Tambang atau Tailing

Bahan bekas pengolahan ini atau disebut dengan tailing, akan diolah untuk menetralisir bahan kimia yang terdapat disana, kemudian akan dialirkan melalui sungai dan akan mengendap di daerah paling rendah. Perusahaan mengklaim limbah ini tidak cukup berbahaya lagi dan bisa digunakan untuk kebutuhan lain alias reklamasi.

Penutup

Memang cukup besar bijih emas, tembaga yang dihasilkan dari tambang ini, harapan kita bersama dari aktvitas penambangan ini memberikan manfaat yang cukup besar bagi negara terlebih kepada masyarakat Papua.

Ketika cadangan emas ini sudah habis nantinya, so..pasti perusahaan akan meninggalkan permasalah yang kompleks mulai dari masalah lingkungan, perubahan bentang/morfologi alam, sampai masalah kemakmuran masyarakat di sekitarnya.

Kita berharap pemerintah memperhatikan hal-hal ini dengan baik agar keuntungannya diperoleh dapat dimanfaatkan dan masalah dikemudian hari sudah dapat diatasi dari sekarang.

Artikel ini dibuat berdasarkan opini pribadi dan data dari berbagai sumber. Mohon dikoreksi jika ada kesalahan penulisan di dalam artikel ini. Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar, untuk menyempurnakan artikel ini.

Demikian ulasan singkat "Top Perusahaan Pertambangan Emas Terbesar di Indonesia PT. Freeport Indonesia". Semoga Bermanfaat.


Dp.

Post a Comment for "Top Perusahaan Pertambangan Emas Terbesar di Indonesia PT. Freeport Indonesia"