Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rencana Pembangunan PLTA dan PLTM oleh PT. Asripower di Kabupaten Dairi

Gambar ilustrasi bendungan pembangkit listrik tenaga air
Kebutuhan akan energi listrik di Indonesia semakin meningkat, seiring pembangunan infrastruktur yang besar - besaran oleh pemerintah, pertumbuhan industri disegala bidang dan bertambahnya kepadatan penduduk di Indonesia, khususnya Provinsi Sumatera Utara.

Pada akhir-akhir ini Presiden Indonesia Joko widodo memerintahkan jajarannya untuk meningkatkan kapasitas energi listrik negara, dengan program energi listrik 35.000 MW hingga jangka waktu 5 tahun kedepan.

Untuk menindak lanjuti dan menjalankan program peningkatan energi listrik ini pemerintah mengundang investor baik dari dalam dan luar negeri atau disebut dengan Independent Power Producer (IPP) untuk membangun fasilitas pembangkit energi listrik di Indonesia.


PT. Asripower salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang konstruksi energi listrik yang tertarik dengan potensi Kabupaten Dairi untuk membangun fasilitas pembangkit listrik tenaga air. Rencananya perusahaan akan membangun sekaligus dua pembangkit listrik Tenaga Air yang berlokasi di Kecamatan Sumbul dan Kecamatan Pegagan Hilir.

Di Sumbul dengan memanfaatkan aliran air Sungai Renun akan dibangun PLTA Sidikalang 01 direncanakan akan menghasilkan energi listrik sebesar 15 Megawatt (MW) yaitu dengan nama PT. Asri Power Prada. 

Di Pegagan Hilir yang masih menggunakan aliran yang sama yaitu Sungai Renun akan dibangun PLTM Sidikalang 02 yang direncanakan akan menghasilkan energi listrik sebesar 10 MW dengan nama PT. Asri Power Kerta.

Investasi ini merupakan suatu kebanggan bagi Kabupaten Dairi dilirik oleh investor, sehingga harus dimanfaatkan dengan baik dan cepat. Harapan kita bersama dengan pembangunan pembangkit listrik ini masyarakat akan marasakan manfaatnya baik dari segi meningkatnya perekonomian dan terbukanya lapangan kerja bagi masyarakat lokal.

Dengan pembangunan ini masalah pemadaman listrik bergilir karena krisis energi listrik di Indonesia khususnya Kabupaten Dairi dapat diatasi dan dapat dipergunakan oleh masyarakat yang belum merasakan aliran listrik.


Dp,

Post a Comment for "Rencana Pembangunan PLTA dan PLTM oleh PT. Asripower di Kabupaten Dairi"

loading...