Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Top Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Terbesar di Indonesia

gambar bangunan pembangkit listrik tenaga uap
| Ilustrasi Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU)

" Perkembangan teknologi pembangkit listrik saat ini sudah semakin maju. Berbagai penelitian lanjutan yang dilakukan oleh ilmuan dunia, membuat semua segala sumber daya alam dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik "

Pembangkit listrik tenaga uap adalah salah satu pembangkit listrik yang sangat pesat pembangunannya belakangan ini, terutama di Indonesia. Sebesar 40 - 50% sumber energi listrik Indonesia berasal dari pembangkit listrik tenaga uap. 

PLTU adalah singkatan dari pembangkit listrik tenaga uap. Uap yang dihasilkan berasal dari pembakaran cairan/fluida/air dengan menggunakan bahan bakar dari batubara. Uap tersebut yang akan memutar turbin untuk menghasilkan energi listrik.

Sumber Daya Alam Batubara

Memanfaatkan sumberdaya alam batubara yang berlimpah, yang dijadikan sebagai bahan bakarnya, Sehingga setiap negara menggenjot pembangunan PLTU untuk memenuhi kebutuhan pasokan energi listrik yang semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Indonesia menjadi salah satu negara yang memanfaatkan batubara untuk pembangkit listrik tenaga uap. PLTU menjadi penopang utama untuk memenuhi pasokan kapasitas energi listriknya. Didukung oleh berlimpahnya sumber daya alam batubara, terutama di Pulau Kalimantan dan Sumatera, sehingga Indonesia tidak perlu lagi mengimpor batubara dari negara lain untuk kebutuhan domestik atau sering disebut domestic market obligation (DMO).

Domestic market obligation adalah kebijakan yang dibuat pemerintah Indonesia untuk memenuhi pasokan kebutuhan batubara dalam negeri, khususnya untuk pembangkit listrik (pltu), yang sudah diberlakukan sejak tahun 2010.

Pembangkit Listrik Tenaga Uap Terbesar di Indonesia

Berikut akan kami uraikan secara singkat profil 5 Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) terbesar di Indonesia yang dibangun, beroperasi dan memproduksi listrik dengan kapasitas yang cukup besar versi konstruksibesar;

1. Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Batang

Pembangkit listrik tenaga uap ini terletak di daerah batang, Jawa Tengah, proyek ini masih dalam proses pengembangan bekerjasama dengan perusahaan dalam negeri dan Jepang. Direncanakan PLTU ini sudah dapat produksi pada tahun 2019. Dengan kapasitas terpasang 2x1.000 MW, dapat dipastikan bahwa proyek ini menjadi pembangkit listrik tenaga uap terbesar di Se - Asia Tenggara saat ini.
gambar proses konstruksi PLTU Batang
| Konstruksi PLTU Batang

2. Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Suralaya

Pembangkit listrik tenaga uap ini dibangun di Kota Cilegon, Provinsi Banten. Energi listrik yang dihasilkan dari PLTU ini diperuntukkan untuk memenuhi kebutuhan energi listrik di Jawa, Bali dan Madura yang dikenal cukup besar. Terkoneksi ke jaringan transmisi listrik Pembangkit Jawa - Bali (PJB). Dibangun dengan kapasitas terpasang 3.400 MW, menjadikan pembangkit listrik tenaga uap ini sebagai yang terbesar Se-ASEAN.

3. Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Cirebon II

Pembangkit listrik tenaga uap ini terletak di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat yang pembangunannya ditargetkan akan  dimulai pada akhir tahun 2015. Pembangkit ini jauh lebih besar kapasitasnya dari pada PLTU Cirebon I yang hanya memiliki kapasitas terpasang 600 MW. Sedangkan untuk pembangkit listrik tenaga uap Cirebon II mempunyai kapasitas terpasang sebesar 1x1000 MW, yang juga terhubung dengan jaringan Pembangkit Jawa-Bali. Tonton videonya dibawah ini.

4. Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sicanang

Pembangkit listrik tenaga uap ini terletak di Sicanang, Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara. PLTU ini menjadi tumpuan untuk memenuhi kebutuhan listrik di Sumatera Utara, sehingga kebutuhan listrik di Sumatera Utara tergantung dari PLTU Sicanang. Pembangkit listrik tenaga uap ini mempunyai kapasitas terpasang 800 Megawatt (MW) dengan kapasitas yang hanya sebesar itu maka kebutuhan listrik di Sumatera Utara masih kekurangan pasokan listrik dengan kata lain masih mengalami defisit listrik.

Saat ini, kebutuhan listrik di Sumatera Utara sangat terbantu dengan pasokan listrik dari Pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Pangkalan Susu, yang pada pertengahan tahun 2015 telah memproduksi listrik.

5. Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Pangkalan Susu

Pembangkit listrik tenaga uap ini, merupakan PLTU terbesar di wilayah Sumbagut (Sumatera Bagian Utara) saat ini, khususnya Provinsi Sumatera Utara. Pembangkit ini memiliki kapasitas listrik terpasang 2 x 200 MW. PLTU ini terletak di Desa Tanjung Pasir, Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Pembangkit listrik ini bangun selama jangka waktu 5 tahun, oleh perusahaan konstruksi dari China dan Indonesia, PT. Bagus Karya, yang merupakan perusahaan konstruksi yang berasal dari Indonesia. 

Pembangkit listrik tenaga uap ini telah beroperasi dan mendistribusikan listrik kepada masyarakat Sumatera Utara. PLTU ini sangat membantu cadangan akan pasokan energi listrik di Sumatera Utara yang selama ini mengalami defisit energi listrik.

Penutup

Batubara merupakan salah satu bahan bakar fosil (energi fosil), yang menjadi bahan bakar utama pembangkit listrik tenaga uap. Pembakaran batubara dari PLTU, merupakan salah satu penyumbang karbon dioksida (CO2) terbesar di dalam pembentukan efek rumah kaca, penyebab pemanasan global dan perubahan iklim. Namun, pembangkit listrik tenaga uap merupakan pemasok listrik terbesar di setiap negara saat ini, terutama Indonesia.

Artikel ini dibuat berdasarkan opini pribadi dan data dari berbagai sumber. Mohon dikoreksi jika ada kesalahan penulisan di dalam artikel ini. Sangat senang hati menerima kritik dan saran di dalam komentar, untuk menyempurnakan artikel ini.

Demikianlah profil singkat "5 Top Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Terbesar di Indonesia" sampai saat ini. Semoga Bermanfaat.


Dp.
Print Friendly and PDF

Post a Comment for "5 Top Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Terbesar di Indonesia"