Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Turbin yang Digunakan di Pembangkit Listrik Tenaga Air


Gambar ilustrasi instalasi turbin/freeimages
Potensi Sumberdaya air yang dapat dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga air di Indonesia sangat besar ini disebabkan karna kondisi geologis dan morfologi Indonesia yang mendukung terbentuknya sungai di daratan Indonesia.

Pembangkit listrik tenaga air tidak terlepas dari namanya Turbin yaitu peralatan yang merubah energi kinetik air menjadi energi listrik melalui generator tanpa adanya turbin maka energi air tidak akan bisa menjadi energi listrik.

Berdasarkan letak pemasangan/instalasi turbin, maka turbin dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu :
Turbin Vertikal
Turbin Hirizontal

Ditinjau dari reaksi, maka turbin dapat dibagi menjadi ;


1. Turbin Reaksi

Turbin reaksi ialah Turbin dimana air yang dilewati runner mengalami penurunan tekanan baik pada sudut pengatur maupun pada runner. Beberapa Jenis Turbin Reaksi ialah Turbin Francis, Turbin Propeller dan Turbin Kaplan.
Model turbin reaksi

2. Turbin Impuls

Turbin Impuls ialah Turbin dimana proses penurunan tekanan airnya terutama terjadi didalam diatributor/nozelnya dan tidak terjadi pada sudu - sudu jalannya. Salah satu jenis Impuls ialah Turbin Pelton.
Turbin Pelton salah satu jenis turbin vertikal
Turbin dapat dibagi lagi berdasarkan arah aliran air yaitu;
Turbin Radial, yaitu turbin dimana aliran air yang melewati runner dalam arah radial. Salah satu jenis turbin radial ialah Turbin Pelton.

Turbin Proppeller
Turbin Axial, yaitu turbin dimana aliran air yang melewati runner dalam arah aksial. Salah satu jenis turbin axial ialah Turbin Turbin Proppeler dan Turbin Kaplan.


Turbin Kaplan
3. Turbin Radial Aksial

Turbin radial aksial ialah Turbin dimana air yang masuk ke runner dalam arah radial dan setelah keluar dari runner dalam arah aksial.Salah satu jenis Turbin radial aksial adalahTurbin Francis.

Pada pembangkit listrik tenaga air, turbin air diklasifikasikan menjadi High End, Medium Head, Low Head. Tidak ada batasan pasti yang dapat yang ditetapkan untuk masing - masing kelas namun umumnya adalah sebagai berikut :
Low Head pada umumnya untuk tinggi jatuh lebih kecil dari 100 feet.
Medium Head untuk tinggi jatuh antara 100 - 800 feet.
High Head untuk tinggi jatuh diatas 800 atau 1000 feet.

Jenis Turbin yang digunakan untuk pembangkitan tergantung pada jumlah volume air, head (beda tinggi) yang ada dan faktor ekonomis.


Dp,

3 comments for "Jenis Turbin yang Digunakan di Pembangkit Listrik Tenaga Air "

  1. ini penulisnya siapa ya ? maaf mau bertanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa lihat profil saya ya gan lengkap dengan email saya, thks

      Delete
  2. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    ReplyDelete