Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Bendungan di Pembangkit Listrik Tenaga Air dan Infrastruktur


Gambar Bendungan beton (dam)
Bendungan/Bendung dapat dimanfaatkan untuk pembangunan pembangkit listrik tenaga air bisa juga difungsikan menjadi waduk/reservoir untuk kepentingan irigasi pertanian.

Bendungan untuk pembangkit listrik tenaga air dapat diartikan konstruksi yang dibangun oleh manusia yang difungsikan untuk menahan laju air secara alamiah atau pun buatan.

Sedangkan pada infrastruktur dengan pembangunan waduk difungsikan untuk mengumpulkan air mengantisipasi ketika terjadi musim kemarau yang berkepanjangan.

Ada beberapa tipe bendungan yang digunakan saat ini sesuai dengan pertimbangan teknis, ekonomis dan lingkungan.

Bendungan Beton yaitu bendungan yang terbuat dari bahan beton bertulang dengan kekuatan yang tahan lama, yang dapat dibagi menjadi 3 jenis :
1. Bendungan Gravitasi
2. Bendungan Busur
3. Bendungan Rongga


Bendungan Urugan yaitu bendungan yang terbuat dari urugan batu, urugan tanah dan urugan dari kedua jenis tersebut (campuran).
1. Bendungan urugan Batu
2. Bendungan urugan Tanah
3. Bendungan uragan Batu dan Tanah

Bendungan urugan 
Bendungan Besi yaitu bendungan yang terbuat dari Besi. Bendungan jenis ini biasanya terbuat dari plat atau lempengan besi yang luas, penggunaanya saat ini sudah jarang digunakan untuk skala besar didasari biaya tinggi dan ketahannanya.

Bendungan Kayu yaitu bendungan yang terbuat dari Kayu. Bendungan jenis ini sudah jarang digunakan untuk skala besar karna membutuhkan biaya yang besar dan faktor ketahanannya.

Sekian ulasan singkat tentang jenis bendungan yang digunakan untuk kepentingan pembuatan bendungan waduk dan pembuatan bendungan untuk pembangkit listrik tenaga air. Semoga Bermanfaat.


Dp,

Post a Comment for "Jenis Bendungan di Pembangkit Listrik Tenaga Air dan Infrastruktur"